WhatsApp saat ini menjadi aplikasi chatting paling populer didunia dengan pengguna lebih dari 1.5 milyar. Aplikasi ini mulai mengantikan teknologi SMS (Short Message Service) dan telepon. Saat ini WhatsApp sudah bisa melakukan panggilan suara bahkan sudah bisa melakukan panggilan video ke sesama pengguna. Dari semua keunggulan WhatsApp tersebut bisa kita manfaatkan WhatsApp sebagai aplikasi live chat yang ada pada website WordPress.

Keunggulan yang dimiliki WhatsApp adalah dari segi kecepatan dan penggunaan yang lebih mudah, jika fitur live chat Anda perlu menghadap komputer untuk bisa membalas pesan yang masuk, maka dengan menggunakan aplikasi WhatsApp Anda bisa dimana dan kapan saja untuk membalas pesan yang masuk.Keuntungan dari kecepatan respon ini yang pasti akan meningkatkan angka penjualan dan keuntungan bisnis.

BACA JUGA: Plugin WordPress WhatsApp Chat Terbaik

Cara Membuat Chat WhatsApp di WordPress

Sebelum memulai cara membuat WhatsApp chat, pastikan Anda sudah menyiapkan nomor WhatsApp aktif yang akan digunakan sebagai live chat kepada pelanggan. Nah berikut cara membuat WhatsApp chat:

1.Pastikan Anda sudah login ke dashboard WordPress website Anda.

2.Jika sudah silahkan ke menu Plugin > Add New.


3.Pada dashboard Add Plugin, silahkan cari pada menu Search Plugin, kemudian tulis “WhatsApp me”.


4. WhatsApp me memiliki thumbnail warna hijau dengan tulisan “WA me”, plugin ini sudah diinstall lebih dari 50.000 lebih pengguna dengan rating bintang 5. Berikut beberapa keunggulan dari WA me:

  • Banyak pilihan icon yang tersedia

  • Bisa menambahkan beberapa nomor WhatsApp lebih dari satu

  • Tampilan notifikasi yang menarik

  • Custom pesan untuk Call To Action (CTA)

  • Custom pesan percakapan pembuka

  • Custom ke berbagai bahasa

  • Ananlisis data konversi dengan analitic

5.Silahkan klik “Install Now” dan “Active” pada plugin WhatsApp me.

6.Selanjutnya buka menu Plugin pada dashboard WordPress dan pilih “Installed Plugin”.

7.Cari plugin “WhatsApp me” dan klik pada Setting.


Dashboard Setting WhatsApp Me


8. Jika berhasil Anda akan mendapatkan tampilan dashboard plugin WhatsApp me. Terdapat 2 menu Advanced dan General dibagian atas.


Dashboard Setting WhatsApp Me


9.Pilih pada bagian General, Anda akan menemui beberapa menu no telepon, mobile only, position, button delay, WhatsApp window, chat window, call to action, message, chat delay dan hide chat.

10.Pada bagian telephone silahkan rubah ke Indonesia dulu dan isikan no WhatsApp yang Anda gunakan.


Seting No Telephon


11.Tampilan WhatsApp bisa Anda seting untuk muncul diperangkat mobile dengan mencentang pada bagian “Mobile Only”.


Seting Tampilan WhatsApp di Mobile


12.Letak icon WhatsApp bisa dipilih pada bagian kiri atau kanan, tetapi biasanya letak live chat berada pada sebelah kanan bawah, silahkan Anda pilih kanan.


Seting Posisi WhatsApp Button


13. Button delay ini akan memberikan jeda saat website pertama kali dibuka sampai icon WhatsApp muncul, untuk defaultnya adalah 3 detik.


Button Delay Untuk Icon WhatsApp Tampil


14. Menu WhatsApp web jika dibuka lewat computer atau laptop akan langsung mengarah ke web.WhatsApp.com. Fitur ini bisa Anda aktifkan untuk mengakomodir bagi mereka yang tidak menggunakan mobile device.


Open WhatsApp Web Versi Desktop


15.Call to action bisa Anda isi untuk pesan pembuka saat pertama kali melakukan chat via WhatsApp, silahkan diisi sesuai kebutuhan Anda.


CTA WhatsApp Me


16. Message ini isinya biasanya template pesan yang akan dikirimkan kepada customer sevice, bisa diisi salam, form pemesanan atau yang lainnya.


Isi Pesan Pembuka


17.Chat Delay ini akan memberikan delay sampai jendela obrolan WhatsApp terbuka.

18.Hide chat ini memungkinkan Anda untuk menyembunyikan chat, sehingga tidak menutupi semua layar.


Chat Delay dan Hide Chat Settings


19.Jika semuanya sudah, silahkan Save dan coba cek halaman website Anda sudah ada icon WhatsAppnya dipojok bawah ataukah belum.


Pesan Pembuka WhatsApp me