Hi MWN'ers

Kali ini, kami akan membuatkan panduan mengenai cara akses login untuk ke layanan hosting yang menggunakan layanan hosting dengan control panel Cpanel ya MWN'ers. Untuk itu, kami akan ulas sedikit apa itu Cpanel.


cPanel adalah control panel web yang sangat populer di dunia. Di dalamnya, Anda dapat mengelola akun hosting, konfigurasi database, hingga melakukan optimasi keamanan dan kecepatan website.

Tampilan cPanel mudah dan ramah digunakan. Pengguna awam pun dapat dengan mudah mengelola website tanpa perlu mengandalkan pengembang (developer) website profesional.

Beberapa fitur standar cPanel meliputi FTP (File Transfer Protocol), MySQL Database, Secure Sockets Layer (SSL), Cloudflare, LiteSpeed Web Cache Manager, Softaculous Apps Manager, WordPress Manager, dan lain-lain.

Cara Login cPanel Hosting Secara Langsung

Setelah nama domain aktif dan dapat digunakan, Anda dapat login ke cPanel hosting dengan cara mengetikkan formula URL berikut ini pada web browser.

Ubah [DomainAnda] dengan nama domain milik Anda. Jika nama domain Anda adalah websitesaya.com, maka alamat login cPanel Anda dapat menjadi seperti ini.

Selanjutnya, Anda hanya perlu memasukkan Username dan Password yang tertera pada email aktivasi akun web hosting Anda.

Cara Login cPanel Hosting Melalui Client Area Masterweb


Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk login ke cPanel Hosting Niagahoster.

1. Masuk ke Client Area Masterweb.

2. Pada bagian Layanan, Anda akan menemukan tab my services atau layanan saya. dan nantinya akan muncul my product & my Services yang anda miliki, setelah itu, klik tulisan active yang berwarna hijau pada menu produk dan layanan yang berada pada sisi kanan ya, berikut seperti gambar dibawah ini : 

3. Jika sudah mengikuti tahapa diatas, nantinya bisa dipilih pada bagian sisi tampilan product detail, dengan sub menu Information, lalu pilih Login to cPanel, berikut seperti gambar dibawah ini : 

4. dan akan muncul menu tampilan beranda cpanelnya ya MWN'ers,


selamat mencoba.