Masalah/pertanyaan

Pernah gak pada website MWN’ers muncul peringatan “Bandwidth Limit Exceeded” ? apa sih penyebabnya ?

Penjelasan/solusi

Ternayata ini merupakan pertanda jatah bandwidth bulanan web hosting MWN’ers telah habis. Sekarang kita tahu apa penyebab keluarnya peringatan ini dan ini mengakibatkan website MWN’ers tidak dapat diakses sampai bulan berikutnya.

Solusinya? Mari kita lihat satu per satu apa yang bisa dilakukan untuk menangani masalah ini.

Meningkatkan bandwidth paket hosting

Cara ini paling mudah dan dengan membaca artikel ini tampaknya ingin MWN’ers hindari, yaitu anda melakukan upgrade paket hosting MWN’ers. Tentu MWN’ers harus mengeluarkan biaya lebih untuk berpindah ke paket diatasnya. Belum ingin keluar biaya untuk ganti paket hosting? Simak langkah selanjutnya dibawah.

Melihat file apa yang menghabiskan bandwidth hosting

Pastikan dulu file – file apa yang sering diakses oleh pengunjung website MWN’ers, MWN’ers bisa mengakses statistik dari salah satu fitur yang berada di cPanel hosting website anda. Sebelumnya silahkan login dulu ke akun cPanel MWN’ers, kemudian lihat di bagian “Logs”.

cpanel-logs

Pilih Awstats (Advanced Web Statistics) dan selanjutnya pilih nama domain website MWN’ers.

Geser kebawah sampai anda menemukan sampai MWN’ers menemukan bagian “File Type”. Disini MWN’ers bisa mengidentifikasi file apa saja yang memakan bandwidth MWN’ers.

Belum tentu MWN’ers sendiri yang menghabiskan kuota bandwidth hosting, bisa saja ada orang yang langsung link ke file MWN’ers dan disebarkan tanpa ijin. Ini dinamakan hotlink dan bisa merugikan MWN’ers. Sebaiknya MWN’ers mencari tahu informasi mengenai lokasi yang melakukan hotlink ke website MWN’ers.

Langkah berikutnya berhubungan dengan optimalisasi beberapa jenis file tersebut.

Mengaktifkan perlindungan hotlink

Mungkin beberapa file MWN’ers ditampilkan atau dibagikan di website lain tanpa seijin MWN’ers. Tindakan ini akan berpengaruh terhadap cepat habisnya kuota bandwidth MWN’ers dan tentunya orang tersebut yang memanfaatkan bandwidth tidak mengunjungi website MWN’ers. Tentu sangat merugikan bukan? MWN’ers bisa melakukan proteksi terhadap file – file MWN’ers supaya tidak bisa dilink diluar website MWN’ers untuk mencegah hotlink ini.

Akses cPanel MWN’ers kembali dan geser kebawah sampai MWN’ers menemukan bagian “Security”.

cpanel-security

Kemudian pilih “HotLink Protection” dan nyalakan dengan menekan tombol “Enable”.

Maka link file MWN’ers yang dibagikan diluar website MWN’ers sekarang tidak dapat diakses.

Memperkecil gambar yang ada di website

Sekarang MWN’ers cek dulu berapa banyak gambar yang ada di website MWN’ers. Kemudian apakah MWN’ers sudah mengoptimalkan ukuran file tiap – tiap gambar tersebut? Mengoptimalkan file gambar biasanya tidak mengurangi kualitasnya, MWN’ers bisa melihat gambar sebelum di optimalkan dan setelahnya. Bila sudah yakin silahkan MWN’ers menggunakan software – software berikut untuk melakukan kompresi dan optimalisasi gambar dengan format JPEG, PNG dan GIF.

Semakin kecil ukuran gambar akan semakin hemat bandwidth dan ruang yang MWN’ers butuhkan di hosting. Jangan lupa lakukan backup gambar aslinya untuk berjaga – jaga.

Menggunakan layanan CDN

Content Delivery Network (CDN) adalah layanan hosting untuk file – file yang terdapat di website MWN’ers. Ini bisa gambar, audio, video, javascript, font, css dan semacamnya. Keuntungan menggunakan layanan CDN adalah seluruh file anda akan disediakan dari posisi terdekat ke pengunjung website, ini juga akan mempercepat kecepatan akses dan tentunya menghemat kuota bandwidth hosting MWN’ers.

Kalau MWN’ers terhalang masalah biaya maka MWN’ers bisa menggunakan layanan CDN gratis. Kalau MWN’ers ingin menggunakan CDN berbayar maka sarankan gunakan MaxCDN.

Lainnya

Cara lain yang bisa MWN’ers lakukan untuk menurunkan konsumsi bandwidth pada hosting MWN’ers :

  1. Melakukan kompresi atau minify pada HTML, CSS dan JS website MWN’ers.
  2. Mengaktifkan koneksi gzip atau terkompresi pada hosting MWN’ers, cara ini dapat MWN’ers konsultasikan dengan customer service atau admin web hosting MWN’ers.
  3. Upload gambar ke situs lain yang memberikan direct link ke file gambar MWN’ers, kemudian pasang gambar tersebut ke situs MWN’ers. Jadi bandwidth MWN’ers tidak terpakai untuk memuat gambar. Contoh situs gratis yang mendukung direct link ini adalah imgur dan Minus.