Log error, atau log error/kesalahan, adalah file log yang dibuat oleh webserver. Setiap ada kesalahan atau peringatan (atau juga pesan debugging, bergantung setting webserver), satu atau lebih baris ditambahkan ke file ini untuk membantu kita melacak penyebab kesalahan dan bagaimana menyelesaikannya.

Contoh paling sering kita memerlukan melihat log error adalah saat webserver Apache menghasilkan halaman kesalahan Internal Server Error di browser. Pesan kesalahan ini di browser tidak mengandung detil penyebabnya, karena itu kita perlu melihat log error untuk melihat detilnya.

Table of Contents

Spanel

1. Login ke control panel.

2. Pilih menu Domain > Kelola Subdomain > (pilih nama situs/subdomain yang ingin dilihat) > Klik pada Kelola File. Maka Anda akan berpindah ke DocumentRoot situs. Contoh jika nama situs adalah www.example.com, maka Anda akan berpindah ke folder /sites/www.example.com/www.

3. Berpindahlah satu folder ke atas, alias ke /sites/www.example.com. Caranya bisa dengan mengklik breadcrumb (deretan path) di atas daftar file, klik pada www.example.com. Atau, bisa juga dengan mengklik folder .. (dua titik) di daftar file.

4. Berpindahlah ke folder syslog. Caranya dengan mengklik folder syslog di daftar file.

5. Setelah berpindah ke folder ini, Anda dapat membookmark (memasukkan lokasi ini ke daftar favorit) dengan mengklik ikon bintang di kiri atas. Namun jika tidak merasa perlu membookmark lokasi ini, Anda dapat melewati langkah ini. Dengan membookmark lokasi, Anda bisa langsung berpindah ke sebuah lokasi lewat menu Favorit.

6. Di dalam folder syslog Anda akan melihat beberapa file. Carilah file yang bernama http_error-YYYY-MM-DD.log. Di mana YYYY-MM-DD adalah tanggal terbaru (tanggal hari ini, atau selisih satu hari jika pagi hari sebelum jam 7 WIB, karena di server menggunakan zona waktu UTC). Setelah menemukan file dimaksud, kliklah link [tail] untuk melihat beberapa baris terakhir dari file log tersebut.

Cpanel

 

1. Login ke cPanel anda kemudian klik menu Select PHP version

error database 07.PNG

2. Kemudian klik Switch to PHP options di bagian pojok kanan. Pastikan versi php di akun anda tidak menggunakan native jika menggunakan versi native maka tombol tersebut tidak akan muncul.

error log.PNG

 

3. Di dalam menu tersebut anda akan melihat konfigurasi defaultnya adalah off

error log 01.PNG

4. Klik pada kata Off di bagian display error kemudian akan muncul combo box dan pilih On kemudian klik Apply setelah itu jangan lupa untuk diklik tombol save.

error log 02.PNG

5. Jika sudah melakukan setting error reporting maka anda bisa melihat detail error log pada file error log yang ada di folder public_html anda.

error log 04.PNG