Microsoft Office 365 atau dikenal juga dengan Office 365 adalah layanan Cloud dari Microsoft dimana user dapat menggunakan “Microsoft Office (seperti word,excel dll)” dari mana saja. Berbeda dengan Microsoft Office yang biasanya hanya bisa diinstall di 1 komputer saja. Untuk office 365 dapat dijalankan di 5 komputer diberagam perangkat seperti Komputer, Smartphone dan Tablet.

Berikut adalah sekilas layanan Office 365:

Note: Layanan Office 365 adalah layanan dari pihak Microsoft dimana tidak memiliki keterkaitan dengan layanan Kami. Oleh karena itu untuk support atau bantuan yang lebih dari panduan ini merupakan diluar penanganan kami, Silahkan anda hubungi jasa pelayanan/support Microsoft langsung jika mengalami masalah.

Office365 1 My CMS

Mengarahkan Domain di Master Web Network ke Office 365

Pastikan anda sudah berlangganan Layanan Office 365. Jika belum silahkan anda register langsung di: http://bit.ly/1wj2t8p

Ada 2 metode dalam mengarahkan domain anda miliki di MWN ke Office 365. Yaitu pertama mengarahkan NS (Name Server) langsung domain anda yang sebelumnya DNS MWN ke DNS Office 365. Secara default NS domain anda di MWN umumnya akan seperti ini:

Screenshot from 2019 06 19 19 04 33 My CMS

Arahkan ke NS Office365 yaitu:

ns1.bdm.microsoftonline.com
ns2.bdm.microsoftonline.com

Caranya Buka Akun Masterkey anda (login). di alamat: http://masterkey.masterweb.com

Klik menu Domain, Lalu klik My Domains setelah itu klik domain yang ingin diarahkan NS nya dan klik menu Nameservers yang terletak di sebelah kiri seperti gambar dibawah ini :

Screenshot from 2019 06 19 19 04 33 My CMS


Dan ubah dari yang sebelumnya DNS ke MWN menjadi seperti ini:

Screenshot from 2019 06 19 19 05 24 My CMS


Klik Ganti Nameserver / Change Nameservers. Pastikan berhasil dan tersimpan. Jika terjadi error atau tidak tersimpan maka hubungi layanan support kami.

Note: 
1. Untuk beberapa domain tertentu mungkin menu ubah NS ini tidak muncul di masterkey, Jika menu ubah NS tidak muncul maka kirimkan tiket ke Kami untuk dibantu diubahkan NS nya oleh kami.
2. Setelah perubahan NS langkah diatas maka proses resolve atau propagasi DNS adalah 1x24 Jam. Jadi ditunggu saja hingga resolve

Sampai langkah ini maka proses pengarahan domain ke layanan Office 365 sudah selesai. Ini adalah metode yang pertama. Yang mudah dikuti juga mudah disetup-nya.
Berikut ini metode kedua. Gunakan metode kedua berikut ini jika anda ingin tetap domain diarahkan ke NS kami namun juga tetap mengarah ke Office 365. Untuk langkah ini butuh keterampilan serta anda harus mengerti dan paham mengenai pengarahan DNS.

Login kemenu Admin Office 365 anda. Lalu klik menu Domains

Office365 2 My CMS

Office365 3 1 My CMS

Cek SRV record yang ada pada menu domain tsb. Contoh format SRV

service.protocol ttl IN SRV priority weight port target 

contoh SRV anda :

_sip._tls 3600 IN SRV 100 1 443 sipdir.online.lync.com. Maka anda tinggal memasukan record SRV tsb pada panel DNS anda baik Spanel atau Cpanel.