Hi MWN’ers

Untuk bisa menggunakan database MySQL, anda harus membuat database-nya terlebih dahulu. Sesudah database dibuat, buatlah user spesifik yang diset untuk bisa mengakses database tersebut. Setelah itu anda bisa memanfaatkan database dalam aplikasi anda dengan user dan database yang telah dibuat.

Langkah-langkah

Membuat database

  1. Untuk mengakses Menu Maintenance MySQL, klik ikon di atas kalimat “MySQL Databases” pada halaman utama antarmuka cPanel.
  2. Masukkan nama database yang ingin anda buat pada field “Db:”. Nama database anda nantinya adalah $NAMAUSER_$DB, contohnya: d56789_joomladb (dimisalkan user akun hosting anda adalah “d56789” dan nama database yang anda buat adalah “joomladb”).
  3. Klik “Create Db”.

64bf91c5 1f1b 4452 898a a7b66419c9c7 My CMS

Membuat user database

  1. Masuk ke “MySQL Databases” pada halaman utama antarmuka cPanel.
  2. Masukkan nama user yang ingin dibuat pada field “UserName:”. Nama user anda nantinya adalah $NAMAUSER_$USERDB, contohnya: d56789_joomlaus.
  3. Masukkan password untuk user tersebut pada field “Password:”.
  4. Klik “Create User”.

c15b0556 b285 4d1b b021 56beea5f6e14 My CMS

Mengizinkan user mengakses database

  1. Masuk ke “MySQL Databases” pada halaman utama antarmuka cPanel.
  2. Pilih user yang dimaksud pada drop-down menu di sebelah kata “User”.
  3. Pilih nama database yang boleh diakses oleh user yang telah dipilih di atas pada drop-down menu di sebelah kata “Db”.
  4. Pilih hak (provilege) apa saja yang diberikan pada user terhadap database yang telah dipilih di atas.
  5. Klik “Add User to Db”.

Setiap akun hosting memiliki batasan jumlah database MySQL yang boleh dibuat. Lihat kembali jumlah database yang anda miliki jika suatu saat gagal membuat database baru.