Hi! Mwn’ers. Shell adalah program (penterjemah perintah) yang menjembatani user dengan sistem operasi dalam hal ini kernel (inti sistem operasi), umumnya shell menyediakan prompt sebagai user interface, tempat dimana user mengetikkan perintah-perintah yang diinginkan baik berupa perintah internal shell (internal command), ataupun perintah eksekusi suatu file progam (eksternal command), selain itu shell memungkinkan user menyusun sekumpulan perintah pada sebuah atau beberapa file untuk dieksekusi sebagai programjika plan hosting anda menyediakan fitur akses shell maka anda bisa tersambung ke server lewat akses shell dan menjalankan perintah-perintah untuk mengendalikan situs anda seakan komputer server ada di hadapan anda sendiri. Akses shell memungkinkan anda untuk eksekusi skrip, menyalin file, menghapus file, dan banyak hal lainnya. Akses shell ini bisa dilakukan dengan program SSH-client seperti OpenSSH-client, PuTTY, dan program-progam sejenis lainnya.

Perhatian: perubahan akibat perintah yang anda jalankan lewat shell akan langsung terjadi di akun hosting anda dan sebagian besar tanpa peringatan terlebih dahulu. Ini bisa berbahaya jika anda tidak terbiasa dengan akses shell.

Langkah-langkah akses shell melalui cPanel

  1. Klik ikon di atas tulisan “SSH/Shell Access” pada tampilan utama antarmuka cPanel.
  2. Anda langsung tersambung dan log in sebagai user utama pada akun hosting di server tempat akun hosting anda berada.
  3. Anda sudah bisa menjalankan perintah-perintah UNIX command line atau skrip yang telah anda buat.

Perhatian: menggunakan shell access ini layaknya menggunakan command line pada server berbasis UNIX. Tidak fasilitas untuk meng-undo apapun yang telah anda lakukan. Harap ekstra hati-hati.

Program-program klien SSH

  1. OpenSSH di http://www.openssh.org/
  2. PuTTY (klien SSH untuk MS Windows) di http://www.chiark.greenend.org.uk/~sgtatham/putty/

note: untuk hosting cpanel MWN fitur SSH bisa di bantu aktifkan dengan mengirimkan tiket support terlebih dahulu.