IceBB adalah forum internet yang opensource, ditulis dengan PHP dan menggunakan sistem database mysql. IceBB ini masih software versi Beta, tapi finalnya akan direncanakan dan dirilis pada akhir kuartal tahun 2007 ini.

Fasilitas yang terdapat pada iceBB adalah seperti berikut

   * RSS feeds
   * A WYSIWYG editor
   * A Calendar
   * User Control Panel
   * Admin Control Panel
   * Moderator Control Panel

Download source code iceBB

Anda dapat download terlebih dahulu source code iceBB versi yang terupdate yang ada iceBB , di website tersebut anda klik link “download now”.

Mempersiapkan database

Sebelum memulai instalasi iceBB, terlebih dahulu Anda mempersiapkan nama database baru yang akan digunakan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. dari menu utama SPANEL, pilih menu MySQL
  2. pilih Add database, lalu tentukan db_username, db_name beserta db_password
  3. klik Add

Install script

Jika anda sudah download source code iceBB, anda upload file tersebut ke folder /sites/namadomainanda.com/www/, kemudian extractkan file tersebut. Setelah anda extract file tersebut, anda akses website anda di http://namadomainanda.com/icebb , lalu anda akan masuk ke halaman instalasi seperti di bawah ini :

Checking server setup...
To ensure that your server is compatible with IceBB
PHP Version:
4.3.x+ is required     Compatible
config.php writable?     File created.
uploads/ folder     Writable
skins/ folders     Writable

Jika warna checkingnya hijau semuanya, anda klik tombol “Continue” . Anda akan ke halaman berikutnya yang ada Database COnfiguration, General Settings, dan Administrator Account. Untuk Database Configuration, anda isikan “SQL Username”, “SQL Password”,”SQL Database” sesuai yang anda buat di spanel tadi pada bagian database manager. Untuk General Settings ini pada bagian Board Name anda bisa ubah sesuai dengan yang anda inginkan sesuai dengan nama forum anda, untuk Administrator Account anda isikan sesuai dengan yang anda inginkan, tapi anda harus ingat nama username admin dan password serta emailnya, kalau perlu di catat supaya tidak lupa, setelah anda isi semua, anda klik tombol “Install”, nanti akan ada proses instalasi sampai selesai. Anda bisa langsung melihat hasil forumnya akses http://namadomainanda.com/icebb untuk adminnya ke http://namadomainanda.com/icebb/admin

Note: Jika anda sudah selesai installasi, anda perlu menghapus folder install