Anda memiliki banyak file statik, misalnya ribuan file .html, dan ini memakan ruang disk pada account Anda. Tip berikut dapat digunakan untuk mengirit ruang disk.

Pada document root (mis: direktori /s/example.com/www), atau subdirektorinya, Anda dapat menaruh file .htaccess yang isinya:

AddEncoding x-gzip .gz

Lalu Anda dapat mengkompresi semua file .html Anda dengan gzip, caranya jika di shell Unix/Linux:

$ gzip *.html

Rata-rata sebuah file .html dapat diperkecil 70% menjadi hanya sekitar sepertiga saja dari ukuran aslinya. Dengan direktif AddEncoding pada .htaccess, Anda dapat tetap men-serve file .html.gz ini sebagai file .html. Contohnya, jika Anda memiliki file tips.html.gz pada document root dan pengunjung situs Anda me-request URL: http://www.example.com/tips.html) maka meskipun file tips.html tidak ada, namun webserver Apache akan memberikan file tips.html.gz sebagai gantinya, dan pengunjung Anda dapat melihat langsung isi file.html yang telah didekompresi di browsernya.

Catatan

  • Untuk file-file gambar seperti .jpg, .gif, .png cara ini kurang efektif karena file-file tersebut sudah merupakan format yang terkompres, jadi dengan dikompres lagi menggunakan gzip, Anda tidak akan memperoleh pengiritan ruang disk.