MWN'ers - Jika Anda ingin URL domain Anda selalu dan hanya dapat diakses dengan "www" saja, Anda dapat mengikuti tutorial berikut.


Hal yang di butuhkan 


Sebelum mengikuti tutorial ini, pastikan domain anda telah terkonfigurasi untuk dapat di akses dengan atau tanpa "www" melalui menu “Advanced Zone Editor” yang ada di cPanel Anda. 

Pastikan anda menemukan konfigurasi berikut :

Nb : Hal ini tidak berlaku apabila Anda membeli domain dan hosting murah di Masterweb secara bersamaan. Karena konfigurasi tersebut telah di lakukan secara otomatis. Begitu pula jika Anda membeli domain baru yang dialihkan menjadi Addon domain di akun hosting yang telah anda miliki.


1. Agar domain anda selalu di alihkan dengan www maka silahkan anda tambahkan script berikut di dalam file htaccess anda : 

 

RewriteEngine on

RewriteCond %{HTTP_HOST} ^domainanda.com [NC]

RewriteRule ^(.*)$ http://www.domainanda.com/$1 [L,R=301,NC]


nb : ubah domainanda.com dengan nama domain anda sendiri.


2. Sebaliknya, apabila Anda ingin agar domain Anda selalu atau hanya dapat di akses tanpa menggunakan "www", dan apabila ada yang mengaksesnya dengan menggunakan "www" maka akan di alihkan ke tanpa "www" maka anda dapat menambahkan script berikut di konfigurasi htaccess anda :


RewriteEngine on

RewriteCond %{HTTP_HOST} ^www\.namadomainanda\.com [NC]

RewriteRule ^(.*)$ http://namadomainanda.com/$1 [L,R=301]


nb : ubah bagian namadomainanda.com dengan nama domain anda sendiri.


Konfigurasi URL dengan atau tanpa www untuk pengguna Wordpress 


Bagi anda yang menggunakan wordpress hosting, akan lebih mudah konfigurasi pengalihannya apabila di lakukan dari dalam dashboard wordpress anda sendiri.  jadi anda tidak perlu repot untuk mengubah konfiguarsi di dalam file htaccess.


  • Silahkan login ke halaman dashborad wordpress anda dan pada bagian sidebar pilih menu Setting > General, kemudian isikan domain Anda pada kolom yang ditandai dengan anak panah



catatan tambahan : 

 

Untuk wordpress menu tersebut juga berguna apabila anda ingin agar domain anda aksesnya di alihkan ke protokol https, jadi misalkan anda telah menginstal ssl murah yang Masterweb sediakan, maka anda dapat mengubah protokol http menjadi https. 


Cara Membuat File .htaccess pada cPanel

 

  • Silahkan login ke halman cPanel anda, cari dan temukan menu File manager.

  • cari dan temukan folder public_html, silahkan mausk ke folder tersebut  dan silahkan di klik agar anda dapat melihat file yang ada di dalamnya. 

Screenshot_9.png

 

  • selanjutnya silahkan anda buat file baru dengan meng klik menu “File” kemudian beri nama “.htaccess” . jadi nama filenya di awali dengan tanda titik. 

Screenshot_10.png


  • Untuk memasukkan data di dalamnya cukup pilih Filenya kemudian klik menu  “Edit”


  • ada kalanya file htaccess tidak terlihat atau di sembunyikan, dan untuk menampilkannya cukup klik menu “Settings’ yang ada di bagain atas

Screenshot_11.png


  • Kemudian beri tanda centang pada pilihan : Show Hidden Files (dotfiles)   dan klik “Save”

Screenshot_12.png


  • seperti inilah tampilan isi file .htaccess pada file manager Anda