Hi MWN'ers


    Pernahkah kalian ketika sedang  browsing di Internet menememukan website yang tidak bisa diakses? Atau Anda sebagai pemilik website malah mengalami sendiri tiba-tiba traffic website terjun bebas? Itu semua penyebabnya biasanya dari server website down.


    Untuk informasi saja, cara pengecekan website down sekarang bisa dilakukan secara online. Jadi Anda tidak perlu lagi masuk Control Panel server hosting, ini membutuhkan waktu yang lebih lama daripada mengecek secara online. Mengapa pengecekan ini perlu dilakukan? Karena terutama pada website bisnis jika sampai terjadi down beberapa menit saja bisa dipastikan akan kehilangan omset ratusan juta bahkan sampai milyaran. Salah satu solusi utama adalah memilih penyedia Web Hosting terbaik Indonesia yang memberikan support 24 jam. Karena website down tidak bisa diprediksi dan bisa terjadi kapan saja waktunya.

Penyebab Webiste Down

Ada beberapa penyebab website down yang sering banyak ditemui, berikut daftar penyebabnya:

  • Penyedia server hosting yang buruk
  • Serangan hacker
  • Serangan DDoS (Distributed Denial of Service)
  • Kelebihan traffic pengunjung
  • Salah konfigurasi website
  • Listrik padam
  • Bencana alam

Cara Cek Website Down

Nah ternyata banyak juga hal-hal yang bisa menyebabkan website down, pada salah satu pembahasan diatas disebutkan penyebabnya adalah salah konfigurasi website, silahkan baca dulu pembahasan artikel mengenai mempercepat loading website yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya. Pada artikel mempercepat loading website tersebut dijelaskan tentang konfigurasi website yang terbaik agar website lebih cepat saat diakses.

Untuk cara mengecek website down atau tidak bisa menggunakan beberapa website dibawah ini, silahkan pilih dan coba sendiri mana yang terbaik :

1. Downforeveryoneorjustme.com

Cara mengecek website down yang pertama adalah dengan menggunakan tool dari website Downforeveryoneorjustme.com. Caranya cukup mudah, Anda tinggal membuka alamat websitenya. Untuk menjaga keamanan, website ini menerapkan captcha agar memastikan bahwa pengunjung yang datang adalah manusia bukan robot.

Cek status website di Downforeveryoneorjustme.com
Cek status website di Downforeveryoneorjustme.com

Setelah Anda sudah memasukan captcha dengan benar, silahkan masukan alamat website yang ingin Anda cek pada kolom URL dan klik tombol ‘or just me ?’ warna biru. Jika berhasil akan muncul tampilan yang menandakan website Anda ‘UP’, silahkan lihat  pada contoh gambar diatas.

2. Isitdownrightnow.com

Cara kedua mengecek menggunakan tool dari website Isitdownrightnow.com. Anda cukup memasukan alamat website Anda dan tekan tombol ‘CHECK’. Tunggu proses cek hingga selesai, nantinya akan muncul tampilan mengenai Website Name, URL Checked, Response Time, Last Down dan Support Website Status History. Untuk perbandingan dengan yang pertama, website cek kedua ini memiliki fitur lebih lengkap, detail dan tidak perlu memasukan captcha.

Cek website online di Isitdown.com
Cek website online di Isitdown.com

Pada halaman dashboard depan, selain menu check website down, ada menu lain seperti Top Websites, Website Status Checker Bookmarklet, Latest Sites Checked, Down Right Now dan recent Comments.

3. Currentlydown.com

Server down checking di Curentlydown.com
Server down checking di Curentlydown.com

Website check yang ketiga yang bisa Anda gunakan yaitu Currentlydown.com. Untuk cara mengeceknya Anda tinggal memasukan alamat website Anda pada kolom ‘Domain name’ dan tekan tombol ‘Check’. Akan ada 3 tampilan detail mengenai website yang sedang dicek sepeti berikut :

  • Service status, jika tampil ‘Up’ warna hijau berarti website Anda normal tidak ada kendala.
  • Response Time, waktu yang dibutuhkan website untuk merespon dari suatu perintah, tampilannya dengan satuan ms (milliseconds).
  • Response Code, jika tertulis 200 berarti server berhasil memproses permintaan dari user.

4. Isitdown.us

Cek server website di Isitdown.us
Cek server website di Isitdown.us

Cara selanjutnya untuk mengecek website down atau tidak dengan menggunakan layanan dari website Isitdown.us. Website ini memiliki tampilan paling simple, hanya ada kolom untuk memasukan nama domain dan button ‘Is It Down’. Anda tinggal memasukan nama domain Anda dan tekan enter, kemudian tunggu hingga  muncul hasilnya. Jika tidak ada kendala maka tampilannya seperti diatas, namadomain.com  is not down.

5. Down.com

Cek website down di Down.com
Cek website down di Down.com

Website check yang kelima dari Down.com. Down.com ini memiliki tampilan yang lebih modern dengan user interface yang bagus. Anda tinggal memasukan nama domain Anda di kolom ‘http://example.com’ dan klik button ‘Check Now!’. Selain itu di website Down.com terdapat juga review tentang layanan web hosting, tetapi isinya masih tentang penyedia layanan web hosting  dari luar Indonesia.

6. Websiteplanet.com

Websiteplanet.com memiliki tagline ’Home For All of Your Website Solutions’, karena di sini terdapat layanan Website Builders, Web Hosting, Logo Design Service, Email Marketing Service, Landing Page Creators, Form Builder, Social Media Management Tools Dan Freelance Websites yang semua itu dibutuhkan untuk kebutuhan semua  webiste. Selain itu terdapat juga layanan gratis yang diberikan webisteplanet yaitu Webmaster Tools, Operational Tools dan Performance Tools.

cek website downd di Websiteplanet.com
cek website downd di Websiteplanet.com

Untuk tool cek website down bisa diakses di menu Performance Tools > Webiste Down or No. Anda tinggal memasukan alamat url domain Anda di kolom ‘Your Website URL’ kemudian klik button ‘Check’ dan tunggu hasilnya. Jika tidak ada kendala, tampilan website yang sedang dicek akan seperti diatas dan terdapat juga tampilan dari desain website Anda.

7. Uptrends.com

Yang paling terakhir menggunakan tools dari Uptrends.com. Uptrends adalah layanan website monitoring control berbayar yang menangani masalah uptime, performance, functionality, API dan server, tetapi ada beberapa tool yang memang gratis untuk digunakan. Untuk Anda yang butuh layanan cek website down bisa menuju menu Free Tools > Uptime Check.

Cara cek website down di Uptrends.com
Cara cek website down di Uptrends.com

Silahkan masukan domain Anda di kolom sebelah ‘I want to test’ dan pilih ‘all check’ agar lebih detail pengecekannya. Jika sudah klik button ‘Start test’ dan tunggu hasilnya hingga keluar. Hasilnya akan ada beberapa test dari lebih dari 40 Negara dan beserta kecepatan loadingnya.

Kesimpulan  

    Setelah membaca Cara Cek Website Down atau Tidak dengan Tool Online diatas, Anda sudah bisa mengetahui apakah website yang sedang Anda buka atau website milik Anda sedang down atau tidak. Anda bisa melakukan pengecekan pada beberapa tools website diatas. Untuk rekomendasi dari kami paling bagus cek website down dengan website Uptrends.com dan Currentlydown.com. Keduanya jika dikombinasikan akan menghasilkan data hasil yang lengkap. Cara cek website down ini bisa dipake untuk berbagai macam Website, Blog, WordPress, Toko Online, Blogger dan sejenisnya.


Terima kasih MWN'ers.