Untuk kali ini kita tidak akan membahas semua plugin yang ada, tapi kita hanya akan memberikan ulasan terkait plugin WordPress terbaik untuk kebutuhan optimasi waktu loading website agar semakin cepat. Berikut selengkapnya.

Plugin WordPress Terbaik Untuk Optimasi Kecepatan Website

Berikut ini merupakan salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk mengoptimalkan kecepatan website tanpa perlu menyentuh kode, mengganti hosting, dan lain sebagainya.

1. W3 Total Cache

W3 Total Cache adalah plugin gratisan karya BoldGrid yang sudah digunakan lebih dari 1 juta user WordPress dari seluruh dunia.

Terdapat banyak fitur yang bisa dimanfaatkan di dalam plugin ini, mulai dari setting cache, minify CSS, atau CDN yang bisa didapatkan ketika ugrade ke layanan premium.

Jika Anda ingin mengembangkan situs WordPress menjadi aset yang efisien dan menghasilkan konversi maka plugin ini layak dijadikan sebagai pilihan.

2. WP Rocket

Bagi Anda yang mudah dalam mengatur plugin yang berisi banyak pilihan kustomisasi. Salah Satunya, plugin WP Rocket termasuk kedalam tools yang mudah digunakan dibandingkan beberapa plugin lainnya.

Beberapa fitur unggulan yang ada di plugin  Rocket di antaranya , akses segala jenis cache, minify, CDN, dan GZIP, bisa mendukung Lazy load yang dipercaya mampu menurunkan waktu tunggu website hingga beberapa persen.

Namun plugin ini diedarkan secara berbayar sehingga memerlukan modal.

3. WP Super Cache

Hampir sama seperti WP Rocket, plugin WP Super Cachehadir memiliki keunggulan berupa kemudahan dalam mengakses serta melakukan pengaturan.

Hasilnya, plugin ini pun sangat cocok digunakan oleh para pemula yang merasa kesulitan atau terlalu banyak kontrol ketika menggunakan W3 Total Cache.

Meski memiliki pengaturan yang lebih sederhana,  WP Super Cache sudah diinstal oleh lebih dari 2 juta akctive user.

Beberapa kelebihan dari plugin WP Super Cache: memiliki fitur cache yang cukup lengkap, proses pengaturan jauh lebih mudah, dan gratis.