Saat ini bisa dibilang UI/UX adalah salah satu bidang kerja yang populer dan cukup banyak diminati oleh orang-orang terutama para fresh graduate. Banyak sekali tools UI/UX diluar sana yang bisa Anda gunakan untuk belajar UI/UX seperti Figma, Adobe XD, InVision dan lain-lain.

Anda bisa cek lebih lengkapnya di artikel aplikasi UI/UX terbaik. Namun setelah Kami buat artikel tersebut, kawan Kami memberitahu bahwa ada lagi tools yang tidak kalah hebat dengan beberapa tools yang sudah Kami bahas di artikel tersebut. 

Yaa tools tersebut bernama Lunacy dan mengklaim lebih cepat dari Figma, InVision dan juga Adobe XD. Waaah apakah secepat itu? Penasaran ingin tahu lebih dalam tentang Lunacy, kelebihan-kelebihan dan juga fiturnya? Yuk simak pembahasannya sampai akhir.

Apa Itu Lunacy?

Lunacy adalah alat desain vektor yang powerful untuk membuat berbagai macam UI design, UX design, prototype, mockup yang hanya tersedia untuk platform Windows. Lunacy menawarkan semua kekuatan Sketch, termasuk membaca dan menyimpan file Sketch. Tools ini juga gratis sehingga bisa Anda gunakan sampai kapanpun tanpa batas waktu.

Kelebihan Lunacy

Berikut ini beberapa kelebihan Lunacy.

  • Lunacy dapat digunakan secara gratis, unlimited, tanpa ada iklan dan juga tanpa pengumpulan data pribadi 
  • Sketch Lunacy adalah satu-satunya aplikasi Windows yang dapat membuka dan menyimpan file .sketch.
  • Windows Lunacy adalah aplikasi Windows asli dan itulah sebabnya ia bekerja lebih cepat daripada aplikasi desain grafis serupa lainnya. Saat membuka file Lunacy 2x lebih cepat dari Figma, 6x lebih cepat dari InVision Studio dan 10x lebih cepat dari Adobe XD.
  • Lunacy memiliki konsumsi memori lebih sedikit dari aplikasi desain vektor atau UI/UX lainnya. 2x lebih rendah dari Figma, 2x lebih rendah dari Adobe XD dan juga 7x lebih rendah dari InVision Studio.
  • Hardware Lunacy tidak menuntut dalam hal persyaratan perangkat keras dan berjalan cepat bahkan pada laptop standar.
  • Format Lunacy bekerja dalam format .sketch. Format ekspor yang didukung adalah: PNG, JPEG, BMP, TIFF, ICO, WEBP, SVG, PDF. Format impor yang didukung adalah: PNG, JPG, JPEG, WEBP, BMP, ICO, GIF, SVG.
  • Cloud Lunacy mendukung Sketch Cloud. Jadi, jika Anda menggunakan PC sementara tim Anda lainnya menggunakan Mac, itu tidak menjadi masalah lagi. Anda dapat menyimpan, menukar, dan mengedit file melalui Sketch Cloud.
  • Cloud Lunacy memungkinkan Anda untuk melihat dan menyalin kode CSS, XAML, dan SVG dari desain Anda.
  • Lunacy bisa berjalan tanpa internet atau offline. Jika Anda tidak menggunakan Library atau Sketch Cloud kami, Anda tidak memerlukan koneksi internet.
  • Lunacy tidak melacak aktivitas Anda atau menganalisis file Anda.

Tersedia Sumber Daya dari Icons8

Salah satu hal keren di Lunacy adalah Libraries. Perpustakaan adalah kumpulan elemen visual yang dapat Anda tambahkan ke desain Anda dalam waktu singkat. Jika Anda menggunakan tools ini, maka didalamnya sudah tersedia berbagai macam sumber daya dari Icons8 seperti gambar, icon, masked photos, vector illustrations, UI kits dan lain-lain. 

Photos

Lunacy menyediakan banyak photo, gambar dan masked photos yang bisa Anda gunakan secara gratis.

Apa Itu Lunacy dan Kelebihannya

Icons

Library ikon Lunacy melebihi 140 ribu item yang lebih dari cukup. Setelah penginstalan, aplikasi Anda hanya akan menampilkan ikon yang dapat digunakan secara gratis. Untuk memiliki perpustakaan lengkap, Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu.

Mengenal Lunacy

Vector Illustrations

Ilustrasi adalah kumpulan gambar vektor untuk desain web, seluler, dan UI yang mengagumkan. Tetapi jika Anda menggunakan paket gratis, Anda hanya dapat menggunakan item perpustakaan sebagai raster.

Apa Itu Lunacy

UI Kits

Dengan Lunacy, Anda selalu memiliki semua ui Kits populer. UI Kits ini bisa sangat membantu saat Anda mengerjakan proyek untuk OS atau perangkat tertentu. Anda dapat dengan cepat menemukan komponen yang diperlukan (tombol, menu, warna, dll.) Dan menambahkannya ke desain Anda.

Cara Menggunakan Lunacy

Library Lunacy mencakup UI Kits berikut:

  • Apple macOS
  • Apple watchOS
  • Microsoft Windows
  • Google Material
  • Apple iOS
  • Microsoft Web Fluent

Kesimpulan

Nah itulah tadi penjelasan singkat tentang Lunacy. Lunacy bisa menjadi pilihan lain selain Figma dan Adobe XD untuk Anda yang sedang mendalami dunia UI/UX. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semuanya.

Selanjutnya mungkin Kami akan coba membahas cara menggunakan Lunacy dengan lengkap di artikel berikutnya.

Jika Anda atau kerabat Anda sedang ingin membuat website pribadi ataupun bisnis, Kami rekomendasikan untuk menggunakan Hosting WordPress Terbaik dari Masterweb. Kenapa?

Karena Hosting WordPress Masterweb didukung server khusus yang mengutamakan kecepatan, keamanan dan juga kestabilan. Website lebih aman dengan Imunify360 (Gratis), backup setiap hari, gratis domain dan juga SSL.