Setiap website yang dihubungkan ke mesin pencari seperti Google, Bing dan search engine lainnya pasti akan tampil di hasill pencarian atau SERP. Search engine akan mengindeks seluruh halaman yang ada di website tersebut sehingga bisa dilihat dan diakses oleh publik atau pengguna search engine. 

Namun pernahkah Anda mengalami kejadian saat artikel atau gambar sudah Anda hapus dari website dengan alasan privasi atau lain hal, tapi anehnya artikel atau gambar tersebut masih ada di mesin pencari (Google atau Bing). Anda pun bingung bagaimana cara menghilangkannya dari mesin pencari.

Nah Anda tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini Kami akan membantu Anda bagaimana caranya menghapus artikel dan gambar di mesin pencari Google. Silahkan simak artikel ini sampai akhir yaa.

Cara Menghapus Artikel dan Gambar di Mesin Pencari Google

Perlu diketahui bahwa Google memberikan izin kepada pemilik website agar halaman atau website tidak terindeks dan tampil di Google.

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar artikel dan gambar Anda tidak masuk ke hasil pencarian (SERP).

Menggunakan Plugin Rank Math WordPress

Nah untuk Anda yang menggunakan WordPress sebagai platform website Anda, maka cara ini bisa Anda gunakan agar artikel atau gambar di website Anda tidak tampil di mesin pencari Google.

Namun sebelum itu pastikan Anda sudah melakukan pemasangan plugin Rank Math tersebut yaa. Jadi Kami anggap Anda sudah menginstal plugin tersebut di website WordPress Anda. Namun jika Anda belum memasangnya, silahkan cek artikel Cara Install RankMath di WordPress.

Masuk ke menu Post-All Post. Setelah itu pilih Edit pada artikel yang tidak ingin tampil di mesin pencari. 

Edit Artikel

Selanjutnya pilih menu Advanced dan berikan ceklis pada kotak no index dan no image index.

Edit Non Index

Jika sudah tekan tombol update atau perbarui dan tunggu beberapa hari. Setelah beberapa hari artikel dan gambar yang ada di artikel tersebut tidak akan tampil lagi di mesin pencari Google.

Menggunakan Remove URLs Google Search Console

Mungkin Anda mempunyai artikel atau konten yang tidak ingin tampil di hasil pencarian Google. Nah salah satu tools yang bisa Anda gunakan yaitu Remove URLs di Google Search Console.

Anda bisa memblokir URL yang ada di website Anda dan membuat Google berhenti melakukan indeks terhadap URL tersebut sehingga tidak tampil di hasil pencarian. Jadi ketika seseorang mencari artikel tersebut di Google, mereka tidak akan menemukannya.

Namun Anda harus memiliki akun Google Search Console terlebih dahulu untuk website tersebut agar bisa menggunakan tools ini. Jika Anda sudah memasangnya, silahkan klik Removal URLs. Setelah itu akan muncul tampilan seperti dibawah ini dan pilih property Anda.

Pilih Property

Atau Anda juga bisa masuk ke Google Search Console – Removals – Temporary Removals. Lalu pilih New Request.

Temporary Removals

Setelah itu masukkan URL Anda. Klik Next dan Submit Request.

Cara Hapus Artikel dari Hasil Pencarian

Menggunakan Remove Outdated Content Google Search Console

Nah sebenarnya Anda juga bisa menghilangkan artikel di hasil pencarian menggunakan Remove Outdated Content yang ada di Google Search Console. 

Anda tinggal klik Remove Outdated Content dan akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Klik New Request.

Cara Menghilangkan Artikel di Google

Setelah itu masukkan URL yang ingin Anda hapus dari hasil pencarian atau ingin di blok dan tekan Submit. Anda juga bisa masukkan gambar yang ingin dihilangkan.

Hapus Gambar di Google

Namun perlu diketahui bahwa tools ini bisa Anda pakai jika artikel, halaman maupun gambar sudah Anda hapus/ubah di website. Anda juga bisa memanfaatkan tools ini untuk menghapus cache dan jikalau snippet artikel Anda di hasil pencarian sudah tidak update.

Menghapus URL di Google Menggunakan Yoast SEO

Nah cara ini mirip seperti cara pertama yaitu menggunakan Rank Math. Yap, ini adalah plugin yang ada di website WordPress. Anda bisa menggunakan plugin ini jika website Anda berbasis WordPress.

Anda masih bisa menghilangkan atau memblokir URL di hasil pencarian walaupun tidak memiliki akun Google Search Console. 

Pertama Anda perlu login ke halaman admin WordPress lalu install Plugin Yoast SEO dan langsung aktifkan. Setelah plugin Yoast SEO aktif, Anda bisa buka artikel, post atau halaman yang ingin Anda hilangkan atau blok dari hasil pencarian.

Scroll sampai bawah dan pilih Advance Setting. Anda bisa berikan hasil No pada field ”Allow search engines to show this Post in search results?” dan juga di field “Should search engines follow links on this Post?”

Cara Non Index Artikel

Setelah itu simpan pengaturan tersebut dengan menekan tombol Update atau perbarui.

Menggunakan Robots.txt File

Peringatan sebelum Anda menggunakan cara ini, perlu diketahui bahwa ini tidak direkomendasikan karena bisa beresiko munculnya masalah SEO di website. Namun jika Anda sudah paham terkait robots.txt boleh saja melakukan perubahan. 

File robots.txt ini memberikan instruksi-instruksi tentang cara melakukan indeks di website tersebut pada mesin pencari.

Pertama Anda masuk dahulu ke direktori penyimpanan file website Anda atau file manager. Anda bisa login melalui cPanel dan akses File Manager. Cari di folder root file robots.txt dan edit file tersebut dengan menambahkan kode di bawah ini:

User-agent: *Disallow: /URL-halaman-website/

Ubah “URL-halaman-website” menjadi URL dari halaman di website Anda yang ingin dihilangkan atau blok dari hasil pencarian Google.

Kesimpulan

Nah itulah tadi tutorial cara menghapus artikel dan gambar di mesin pencari Google. Tidak perlu lagi khawatir jika artikel atau gambar Anda tidak bisa hilang di mesin pencari Google, cukup gunakan beberapa langkah diatas.