Google AdSense dan Cara Kerjanya

Google AdSense akan membayar setiap iklan apabila para pengunjung website mengklik iklan tersebut. Oleh karena itu, pemilik website semakin semangat untuk memasang iklan. Jumlah penghasilan tentu saja bergantung pada klik yang didapatkan oleh masing-masing publisher. 

Tertarik? Mulailah dengan membuat konten menarik dan juga SEO – Friendly agar pengunjung betah berada di website Anda.

Langkah Mudah Mendaftarkan Akun Google AdSense

Sekadar informasi, Google sangat serius dengan kualitas dan jaringan mereka. Google ini tidak main-main perihal persyaratan, aturan, dan regulasi. Sebelum membuat akun, pastikan Anda sudah mematuhi beberapa persyaratan berikut, termasuk:

  1. Berusia tidak kurang dari 18 tahun
  2. Memiliki akun Gmail aktif yang tidak terhubung dengan akun AdSense
  3. Pastikan website memenuhi kriteria persyaratan layanan Google

Tips untuk yang Ingin Membuat Akun

Agar mendapatkan peluang lebih besar akun disetujui tim Google, maka:

  1. Pastikan website minimal berusia 3 bulan
  2. Ada minimal 30 artikel unik dan bernilai yang Anda terbitkan di website 
  3. Tidak ada batasan minimum jumlah traffic yang harus dimiliki

Cara Membuat Akun Google AdSense

Sudah siap untuk membuat akun, namun tidak tahu caranya? Sekarang ini, sebenarnya cukup mudah untuk mendapatkan tutorial cara membuat akun Google AdSense. 

Yang harus dilakukan adalah mengakses website AdSense atau klik link https://www.google.com/adsense/start. Setelah itu, click “Sign in” dan Anda akan diarahkan ke halaman dimana Anda harus masuk ke akun Gmail Anda. Setelah memasukkan alamat email dan password, dan klik tombol “Next“.

Anda akan diarahkan ke halaman yang memberikan informasi yang muncul di popup dan klik “Sign Up” untuk mendaftarkan akun AdSense Anda. Masukkan detail informasi yang dibutuhkan, termasuk alamat email dan nama website.

Akan ada instruksi untuk menghubungkan website ke akun AdSense yang sudah dibuat. AdSense memberikan kode snippet yang perlu ditambahkan ke website dengan section <head> </head>. Lalu klik tombol “Submit“.

Selama proses peninjauan akun oleh tim Google, pastikan untuk tetap menampilkan kode snippet sampai AdSense memberikan respon. Terdengar cukup mudah, bukan? Terkadang, proses peninjauan bisa memakan waktu, bahkan bisa sampai beberapa minggu sampai akhirnya tim AdSense menghubungi Anda kembali.

Cara Login ke Google AdSense

Setelah akun Anda disetujui, Anda bisa segera memulai upaya untuk mendapatkan penghasilan dari AdSense. Akan tetapi, penting untuk diingat bahwa hasilnya tidak terjadi hanya dalam satu malam. Semua butuh waktu, jadi pastikan untuk mengikuti prosesnya dengan sabar agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan. 

Akses https://www.google.com/adsense/start/ setiap kali Anda harus login ke akun yang dimiliki. Kali ini, jangan pilih tombol “Get Started” atau “Mulai“, tetapi silahkan Anda klik tombol “Login“.

Merujuk pada persyaratan yang diberikan oleh Google, beberapa website mungkin ditolak. Ada beberapa penyebab dan alasan mengapa sebuah akun tidak disetujui.

Keuntungan Penggunaan Google AdSense

Saat bergabung menjadi publisher iklan, ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan. Berikut ini adalah beberapa keuntungan dari Google AdSense:

Mudah dan Cepat

Google AdSense dikenal sebagai cara mendapatkan penghasilan yang mudah. Pembuatan akun juga gratis, jadi tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Yang diperlukan hanya website, akun Gmail aktif yang tidak terhubung ke akun AdSense manapun, serta koneksi internet.

Mengontrol Website

Tahukan Anda? Dengan Google AdSense ini, pemilik website bisa mengontrol konten dan iklan yang muncul di website. 

Dengan demikian, Anda bisa meminta AdSense untuk memblokir iklan kompetitor agar tidak muncul di halaman website Anda. Ingin iklan tertentu untuk ditayangkan sebagai default di website? Tentu saja bisa.

Sistem Pembayaran

Publisher akan mendapatkan persentase yang lebih tinggi jika dibanding dengan memilih ads dari pihak lain. Selain itu, AdSense juga menawarkan sistem pembayaran yang bisa diandalkan. Mode pembayarannya adalah Electronic Fund Transfer atau EFT ke rekening bank publisher atau pemilik website, dimana iklan ditayangkan.

Jaringan Pengiklan yang Besar

Google memiliki jaringan pengiklan yang sangat besar. Mungkin saja mereka tertarik untuk memasang iklan di situs Anda. Mereka yang sedang membutuhkan iklan yang sesuai dengan konten dan tujuan, tentu saja memiliki akses yang sangat mudah ke iklan yang diinginkan melalui AdSense.